Aktivitas Merapi Malam Ini Relatif Stabil

Bagikan ke teman :



Seperti beberapa pekan terakhir, suara gemuruh dan gempa vulkanik di sekitaran Merapi masih terjadi malam ini. Namun jumlahnya sedikit menurun dibanding hari kemarin.

Berdasarkan data seismograf dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta dari petang tadi hingga pukul 23.10 WIB, Kamis (11/11/2010) tercatat terjadi gempa vulkanik sebanyak lima kali.

Selain itu tremor beruntun juga masih terjadi. Sedangkan awan panas sempat muncul satu kali pada pukul 18.52 WIB dengan ketinggian 200 meter dan mengarah ke kali Gendol.

"Berdasarkan data seismograf malam ini bisa dibilang menurun dibanding hari kemarin," ujar petugas piket BPPTK Purwoto kepada detikcom.

Hal yang tak jauh berbeda juga dipaparkan para petugas yang berjaga di pos-pos pengamatan Merapi. Hampir semua petugas merasakan gemuruh ringan namun tidak melihat luncuran lava pijar dalam jumlah yang banyak.

"Terpantau tidak terdengar gemuruh. keluar asap tipis dengan arah angin ke barat tidak terlalu cepat, ganti," ujar salah seorang petugas pengamatan di pos Selo Boyolali via handytalky di frekuensi 149.070 pukul 23.08 WIB.
Sepi ya... komentar dong biar seru...