Merapi 'Ramah' Pagi Ini

Bagikan ke teman :



Aktifitas Gunung Merapi masih tergolong labil. Namun setidaknya, gunung paling aktif di Indonesia ini mengawali hari Jumat (12/11/2010) dengan intensitas yang cenderung turun.

Berdasarkan data dari sesimograf Balai Penyelidikan dan Pengembangan Kegunungapian (BPPTK) dari pukul 00.00 sampai 06.00 WIB hari ini, tercatat sama sekali tidak terjadi gempa vulkanik.

Selain itu awan panas dan multiphase juga tercatat tidak terjadi. Namun tremor beruntun terus terpantau. Ada pun Seismograf BPPTK mencatat terjadi gempa tektonik satu kali.

"Namun kami tidak mengetahui secara detil gempa tektonik tersebut karena tidak berkaitan langsung dengan kegunungapian," tukas petugas piket BPPTK Retiyo dalam perbincangan dengan detikcom pagi ini.

Secara viusal, Merapi pagi ini tampak jelas dari kota Yogyakarta dan sekitarnya. Tampak terdapat gulungan asap tebal yang mengarah ke barat daya.

"Betul ke arah barat daya karena anginnya beberapa hari terakhir memang ke situ. Itu asap yang tergolong biasa," terang Retiyo.

Sedangkan data seismograf dari BPPTK Yogyakarta, dari Kamis (11/11)  petang kemarin tadi hingga pukul 23.10 WIB, tercatat terjadi gempa vulkanik sebanyak lima kali. Selain itu tremor beruntun juga masih terjadi. 

Sedangkan awan panas sempat muncul satu kali pada pukul 18.52 WIB dengan ketinggian 200 meter dan mengarah ke kali Gendol.
Sepi ya... komentar dong biar seru...