Bercermin Kasus Gayus, Patrialis Minta Dirjen PAS Introspeksi

Bagikan ke teman :



Bukan publik saja yang dikejutkan dengan kabar kaburnya Gayus Tambunan dari tahanan Mako Brimob ke Bali, Jumat (5/11) pekan lalu. Menkum HAM, Patrialis Akbar pun terkejut dengan kabar yang beredar tersebut. Agar kejadian tidak terulang, Patrialis meminta Dirjen Pemasyarakatan untuk introspeksi.

"Saya kaget masih ada kayak gini. Berarti masih banyak yang harus kita benahi. Setelah kasus itu munculm saya minta Dirjen PAS (Pemasyarakatan) untuk hati-hati, jangan ada yang kayak gitu," kata Patrialis.

Pernyataan tersebut disampaikan Patrialis di sela pelatihan jurnalistik bersama wartawan di Hotel Salak, Jl Ir Juanda, Bogor, Kamis (11/11/2010) malam.

Patrialis mengaku, sejak beredarnya kabar yang menyebutkan terdakwa kasus mafia pajak ini 'pelesir' ke Bali untuk menyaksikan pertandingan tenis internasional, pihaknya hanya bisa pasrah.

"Saya tidak bisa melakukan apa-apa, itu wewenang kepolisian. Kita serahkan saja kepada polisi," ujarnya.

Dia menjelaskan, dalam klausul Kitab Undang-undang Hukum Pidana memang disebutkan pendirian rumah tahanan dan lapas berdasarkan izin dari Kementerian Hukum dan HAM. Namun pengelolaan tahanan yang ada di kepolisian dan kejaksaan merupakan tanggung jawab instansi itu sendiri.

"Ke depan kalau memang SDM-nya cukup, semua rutan akan kita kelola," jelasnya.

Lantas, bagaimana jika 'insiden' Gayus ke Bali terjadi di lembaga Kemenkum HAM sendiri?

"Tentu akan kita berikan sanksi kepada petugas, mulai dari mutasi sampai pencopotan jabatan," jawabnya.

"Kalau sudah terbukti menyuap itu lain lagi, pidana masuknya," tegas Patrialis.

Seperti diketahui, seorang pria yang sangat mirip dengan Gayus Tambunan terlihat menonton turnamen tenis Commonwealth Bank Tournament of Champions 2010 di Nusa Dua, Bali. Pria tersebut mengenakan kacamata dan berambut tebal lurus yang diduga wig.

Pria yang sangat mirip dengan Gayus terjepret kamera fotografer Kompas Agus Susanto pada Jumat (5/11) pukul 21.10 Wita. Saat itu tengah digelar pertandingan antara petenis Daniela Hantuchova dan Yanina Wickmayer.

Disebut-sebut pula, pria mirip Gayus tersebut datang tidak sendiri, tapi bersama seorang wanita. Keduanya sempat terlihat di Hotel Westin.

Belakangan beredar foto wanita mirip Milana Anggraieni, istri Gayus, sedang menonton turnamen tenis di hari yang sama.  Dalam foto tersebut, wanita mirip Milana ini mengenakan kaos kuning hitam dan topi hitam bertuliskan WTA. Wanita ini tampak berdiri di belakang pria mirip Gayus tersebut.
Sepi ya... komentar dong biar seru...