KPK Harus Ambil Alih Perkara Gayus Tambunan

Bagikan ke teman :



Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) didesak segera mengambil alih penanganan perkara Gayus. Tindakan Gayus ini dianggap sudah mencoreng lembaga hukum Indonesia. 

Pernyatan tersebut disampaikan oleh pengamat hukum Universitas Indonesia (UII) Mudzakkir, saat berbincang dengan detikcom, Jumat (12/11/2010).

"Sejak awal kasus Gayus seharusnya ditangani KPK. Jangan harap ditangani kepolisian bisa selesai, sama seperti politik dagang sapi," kata Mudzakir.

Jika sejak awal ditangani KPK, lanjut Mudzakkir, kemungkinan tidak akan terjadi insiden Gayus keluar dari tahanan Mako Brimob, Depok.
KPK harus mensupervisi kasus ini.

"Kalau sudah begini mau bagaimana lagi? Perkara Gayus KPK harus take over penanganannya. Itu pentingnya KPK sebagai lembaga independen," ujarnya.

Sebelumnya Gayus sedang didakwa ikut menyuap beberapa polisi dalam kasus mafia pajak. Dengan kondisi seperti itu, Mudzakkir pun mempertanyakan, kenapa Gayus kembali ditahan di Mako Brimob.

"Seharusnya dilihat dan seleksi dulu apakah tanggungjawab kepolisian mampu untuk tidak kongkalikong dengan tahanan. Apalagi tahanan di sana tidak terpantau sama sekali," ujarnya.

"Di sana (Mako Brimob) 100 persen tidak ada pengawasan. Penahanan seharusnya dilakukan di rumah tahanan negara dan berdiri sendiri," imbuh Mudzakkir.

Seperti diketahui, seorang pria yang sangat mirip dengan Gayus Tambunan terlihat menonton turnamen tenis Commonwealth Bank Tournament of Champions 2010 di Nusa Dua, Bali. Pria tersebut mengenakan kacamata dan berambut tebal lurus yang diduga wig.

Pria yang sangat mirip dengan Gayus terjepret kamera fotografer Kompas Agus Susanto pada Jumat (5/11) pukul 21.10 Wita. Saat itu tengah digelar pertandingan antara petenis Daniela Hantuchova dan Yanina Wickmayer.

Disebut-sebut pula, pria mirip Gayus tersebut datang tidak sendiri, tapi bersama seorang wanita. Keduanya sempat terlihat di Hotel Westin.

Belakangan beredar foto wanita mirip Milana Anggraieni, istri Gayus, sedang menonton turnamen tenis di hari yang sama.  Dalam foto tersebut, wanita mirip Milana ini mengenakan kaos kuning hitam dan topi hitam bertuliskan WTA. Wanita ini tampak berdiri di belakang pria mirip Gayus tersebut.
Sepi ya... komentar dong biar seru...